Sabtu, 02 Oktober 2010

Cara Melakukan Lucid Dreaming

Buat yang tertarik dengan Lucid Dreaming, bisa coba gunakan metode ini. Namun seperti Astral Projection, lucid Dreaming tidak bisa didapatkan secara instan, walaupun ada beberapa kasus orang yang dapat melakukan lucid dreaming tanpa perlu melakukan apapun, cukup dengan tertidur saja, tapi itu beda kasus.
Kebanyakan dari kita pernah mengalami lucid dream. lucid dream terjadi ketika kita sadar kita sedang bermimpi dan itu artinya kita dapat memanipulasi tempat, waktu dan kejadian dalam mimpi kita, tanpa harus mengkhawatirkan konsekwensi fisik ataupun sosial karena begitu kita nantinya pasti terbangun dari tidur.
Sayangnya, lucid dream sangatlah jarang terjadi secara alami, dan terkadang, ketika sedang lucid dreaming, melakukan hal² gila yang tidak layak dilakukan ketika sadar, anda tidak dapat terbangun dan mulai muncul pikiran bahwa kita tidak sedang mimpi! Ini yang menurutku sudah masuk lucid nightmare.
Namun tidak seperti anggapan² umum, lucid dreaming itu mudah untuk dilakukan, tidak langsung tentunya, seperti mempelajari bahasa baru. Lucid Dreaming adalah kemampuan yang dapat diasah.
  1. Buat Diari Mimpi
    Begitu anda tersadar dari mimpi dan mimpi itu masih segar dalam ingatan, tulislah dalam sebuah buku diari mimpi. Mengingat mimpi membantu anda dalam mengenali pola² dan petunjuk² yang dapat mengindikasikan bahwa anda sedang bermimpi. Anda sebaiknya tetap konsisten dan mencatat (dan juga mengingat) minimal satu mimpi setiap malamnya.
  2. Uji Alam Sadar Anda
    Cara terbaik untuk mengenali saat anda bermimpi adalah dengan menguji kesadaran anda ketika terjaga. Salah satu caranya dengan melihat tulisan pada secarik kertas atau angka pada jam digital dipergelangan lengan anda. Dalam mimpi hal biasanya tulisan atau angka tersebut akan berubah tidak semestinya atau sesuatu yang tidak normal akan muncul, hal yang tidak akan terjadi di alam sadar. Ketika terjaga, lakukan secara sadar sesuatu yang didalam mimpi anda hal tersebut sangat sulit untuk dilakukan. Sebagai contoh, beberapa orang mendapatkan ketika mereka mencoba untuk melempar bola dalam mimpi, bola tersebut menempel lengket ditangan mereka. Sadari ketika anda melempar bola di alam sadar, seperti apa rasanya “realitas”. Makan nantinya, ketika anda melempar bola di alam mimpi dan bola tersebut lengket, anda akan sadar bahwa anda sedang bermimpi.
  3. Bayangkan Anda Sedang Bermimpi
    Ini adalah kebalikan dari poin sebelumnya. Dalam keadaan sadar anda, bayangkan seperti apa situasi yang anda hadapi sekarang seandainya anda sedang bermimpi. Alam bawah sadar anda akan memberikan banyak visual² dan petunjuk² yang tidak lazim yang nantinya dapat anda kenali ketika anda sedang bermimpi
  4. Visualisasikan Aktifitas Mimpi
    Ketika terjaga, pilih sebuah aktifitas yang ingin anda lakukan pada kesempatan berikut anda melakukan lucid dreaming dan visualisasikan sedetail mungkin.
  5. Jadilah Seorang Detektif Mimpi
    Hal² aneh selalu terjadi dalam mimpi, tapi seringkali hal² yang sama terus terjadi. Alam mimpi personal yang mengikutkan hal² yang tidak semestinya, objek yang salah tempat, transformasi. Contohnya, anda mungkin mendapatkan mobil anda selalu mogok atau kulkas berada ditempat yang berbeda –hal² yang biasanya anda terima dalam mimpi, kecuali anda telah melatih diri anda untuk mengenalinya. Diari mimpi anda akan sangat membantu anda mengenali petunjuk² dalam mimpi personal anda, jadi seperti seorang detektif, anda dapat mengenali momen² yang dapat memicu lucid dreaming.
  6. Niat
    Ini adalah yang terpenting. Anda harus terus menerus menguatkan niat anda untuk melakukan lucid dreaming. Sebelum tidur biasakan untuk mengulang dalam benak anda kalimat “kali ini aku akan ingat jika aku sedang bermimpi” sebanyak-banyaknya.
Nantinya, jika anda sudah terbiasa dengan lucid dreaming, anda dapat mentransformasikan mimpi tersebut menjadi Astral Projection, tapi tentunya, anda dapat terus melakukan lucid dreaming tersebut sampai anda tersadar.

1 komentar:

  1. yg poin 2 itu itu kita menguji alam sadar kita pas di mimpi biasa? atau saat terjaga? klo lagi mimpi biasa kan kita gak tau kita lagi bermimpi, kita juga gak bisa dong ngatur kita yg di dalam mimpi agar melihat jam dan pastikan semuanya baik2 saja. maaf saya gak ngerti bisa tolong pencerahannya gak? :) tertarik niihhh

    BalasHapus