Jumat, 15 Oktober 2010

Sensasi AP

Sebuah percakapan diambil dari kaskus


Originally Posted by edvil View Post
Selamat malam para sesepuh dan temen2 semua.
Setelah beberapa waktu membaca dan mencoba mempelajari teknik AP yg ditulis dalam thread ini dan dari tulisan salah satu sesepuh forsup di sebuah forum lain, kemarin malam nubie memberanikan diri mencoba praktik...tentu saja dengan keterbatasan pemahaman dan pengetahuan nubie yg masih ijo ini
Dari proses yg nubie lakukan, ada beberapa pertanyaan yg pengen nubie sampaikan. Semoga sesepuh dan temen2 disini berkenan memberikan bimbingannya.
1. Hening
Istilah yg nubie pernah dengar dulu...keadaan pada saat saat relieks dimana telinga berdenging. Apakah ini termasuk dalam proses AP? karena nubie mengalami ini.
2. Getaran.
Nubie merasakan getaran tapi tidak sampai pada ubun2...hanya sampai pada bagian belakang kepala dibawah ubun2 sedikit diatas leher.
Mohon bimbingannya tentang ini..
3. Gambar
Beberapa gambar muncul ketika proses rileks...Gambar tempat yg belum pernah nubie lihat sebelumnya,,,seperti ditunjukkan foto aja, semacam slide show...tp masih buram...hanya perasaan aja yg terasa jelas...suka, takjub, tenang, meskipun yg dilihat gk jelas...
Apakah ini bagian dari AP juga atau hanya mozaik dari memori terpendam nubie?
4. Gerak Badan
Ada suatu saat dimana badan serasa mo bergerak ke samping kiri...kepala seakan mo menoleh ke kiri...nubie ikuti tapi malah berhenti.
Ini muncul beberapa kali. Setelah juga berhenti beberapa kali...tubuh nubie seakan terhempas ke bawah..lalu berputar, seperti orang waktu mabuk
Apakah ini?
5. Panas/Hangat
Ada rasa panas--hangat lebih tepatnya--di ubun2 nubie setelah melakukan ini, dan sepertinya bertahan lama. Bahkan ditengah2 aktifitas nubie, ketika nubie mencoba merasakannya kembali hawa hangat itu masih ada. Seperti ada suatu aliran dari punggung ke ubun2.
Ini kenapa ya? ada yang salahkan ma proses nubie?
Ni nubie mohon maaf jika pertanyaannya mengulan dari pertanyaan yg pernah ada. Mohon bimbingan dari para sesepuh dan teman2 semua.
Dan mohon maaf bila ada tulisan ataupun kata yg kurang berkenan.
Terimakasih. Salam.
and here’s my reply:
First of all, agan mengikuti metode yang mana? Karena semua sensasi² yang agan rasa itu sangat berkaitan dengan metode, therefore, pola pikir agan, selama latihan itu memegang peranan penting terhadap munculnya semua sensasi² tersebut.
Jika semua sensasi² tersebut dilihat dari perspektif alexforsale!, maka gw bisa menjawabnya seperti ini (note: masukan dari super sesepuh lain sangatlah dibutuhkan, sebagai pembanding dari jawaban gw), oke without further ado, ini jawaban gw:
  1. Hening
    Penanda gelombang otak mulai menurun
    gak penting
  2. Getaran.
    Pertanda bahwa kesadaran mulai terfokus ke nonfisik
    gak penting
  3. Gambar
    mulai terbentuk 'jembatan' ke alam bawah sadar
    gak penting
  4. Gerak Badan
    Bisa karena self-healing atau badan secara otomatis memberitahu jikalau posisi agan tidak terasa 'nyaman' bagi tubuh
    gak penting
  5. Panas/Hangat
    ga tau , ga pernah, dan mungkin gak penting juga
Kenapa gw bisa bilang begitu? karena waktu awal² gw latihan AP semua sensasi² tersebut sangatlah baru buat gw, dan, seperti orang² umumnya, semua sensasi tersebut sangatlah overwhelming, membuat kita merasa jika kita sedang mendapatkan sebuah progress, padahal, disaat yang bersamaan, semua perhatian yang kita fokuskan pada sensasi² tersebut justru membuat kita melupakan tujuan awal latian tersebut : Astral Projection! Tanpa mengurangi rasa hormat terhadap agan serta semua fenomena² yang agan rasakan selama latian AP ini, coba di brush aside dulu semua sensasi² tersebut diwaktu latian, karena awareness yang berlebihan pada suatu sensasi atau fase tertentu didalam latian itu, umumnya merupakan salah satu hal penyebab stucknya latian itu sendiri. Ada satu kalimat warisan dari 8caseofdeath (yang udah mulai langka lagi populasi post-nya di kaskus ) yang selalu gw inget dalam proses latian AP yang gw lakukan, yakni Tidak Tertidur Disaat Tidur. Entah seperti apa tanggapan sesepuh lain, tetapi gw masih berpatokan bahwa, untuk pemula seperti gw, TIDUR itu syarat MUTLAK untuk AP. Dan untuk sensasi² serta fase² yang dibabar dalam suatu metode, seyogyanya bukan untuk dipikirkan selama proses latian dimulai, tetapi sebagai penanda retrospektif dan untuk mengukur kemajuan latian agan, DIBANDINGKAN DENGAN LATIAN SEBELUMNYA, bukan untuk dibandingkan dengan PENGALAMAN ORANG LAIN. So in other words, latian AP ini adalah salah satu media yang tepat untuk menilai secara obyektif, pribadi seperti apa agan sebenarnya, apakah agan adalah tipe orang yang ga sabaran, mudah putus asa, petualang pikiran, atau tipe orang yang cepat belajar dari kesalahan. Agan sendiri yang bisa menilai, noone else could
post original disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar